18 November, 2017

Amanat Pembina Upacara : Setelah UTS (Ulangan Tengah Semester)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Kegiatan Setelah UTS (Ulangan Tengah Semester)

Satu semester terdiri dari enam bulan. Ulangan tengah semester disingkat UTS adalah penilaian tengah semester atau mid semester. Tujuannya adalah mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian berikutnya yaitu ulangan akhir semester (UAS). UAS adalah penilaian akhir semester (PAS). Ujian akhir ini sangat mempengaruhi kenaikan kelas atau kelulusan siswa. Oleh karena itu sebelumnya perlu diakan pemanasan berupa UTS.

Untuk menghadapi ujian sebaiknya menggunakan prinsip 1 X 3, bukan 3 X 1. Maksudnya adalah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Satu materi pelajaran dicicil selama tiga hari. Bukan tiga materi pelajaran yang gabungkan dalam satu hari. Belajar sedikit demi sedikit, lebih baik karena memberi kesempatan kepada otak dan tubuh untuk recovery. Bila otak dan tubuh tidak diberi kesempatan untuk recovery, maka akan drop dan sakit.

Hasil belajar tiga bulan dapat diketahui dengan UTS. Setelah UTS maka siswa dapat mengetahui hasil belajarnya selama ini. Hasil belajar tersebut berupa nilai yang menjadi acuan untuk kegiatan belajar selanjutnya. Tindak lanjut setelah  UTS sangat mendesak untuk dilakukan. Agar nilai rapor akhir semester dapat lebih meningkat.

Memperbanyak tubian terhadap mata pelajaran yang masih rendah nilainya, sangat penting. Bila tidak maka nilai UTS tersebut akan tetap rendah. Mengulangi pelajaran secara bertubi-tubi adalah kunci sukses dalam belajar. Semakin sering suatu pelajaran diulang-ulang, maka semakin mudah dihafal. Tentu saja dihafal sedikit demi sedikit. Seperti seikat sapu lidi, tidak dapat dipatahkan sekaligus. Tapi dipatahkan lidinya satu persatu.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  1. Pidato Upacara Bendera: Menghadapi Ujian Sekolah
  2. Amanat Pembina Upacara: Tentang Kejujuran
  3. Pidato Upacara Bendera: Semangat Belajar
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar