24 September, 2017

Amanat Pembina Upacara : Tahun Baru Islam


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Tahun Baru Islam

Beberapa waktu yang lalu umat Islam merayakan tahun baru Hijriah. Yaitu tahun baru umat Islam. Tahun baru Islam diperingati setiap tanggal satu bulan Muharam. Sistem kalender Islam dan  Jawa berdasarkan peredaran bulan.  Sedangkan sistem kalender Masehi berdasarkan peredaran matahari. Oleh karena itulah kalender Islam dan Jawa tidak jauh berbeda. Sistem kalender Islam ditetapkan oleh khalifah Umar bin Khattab pada tahun 638 M (17 H). Yaitu berpatokan pada peristiwa hijrahnya nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Madinah.

Tahun baru adalah momentum untuk introspeksi diri. Beruntunglah orang yang masa sekarang dan masa depannya lebih baik dari masa lalunya. Masa depan akan menjadi baik jika mulai dari sekarang selalu melakukan hal yang baik terus-menerus.


Tahun baru adalah momentum untuk menjadikan pengalaman masa lalu sebagai pelajaran yang berharga. Tak ada yang dapat mengajari seseorang lebih baik dari pengalaman masa lalunya. Alangkah ruginya orang yang jatuh berkali-kali ke lubang yang sama.

Tahun baru adalah momentum yang tepat untuk menentukan rencana atau pencapaian yang harus diraih. Dengan menetapkan target yang harus diraih, maka hari-hari akan dilalui dengan penuh harapan, penuh gairah, dan penuh semangat.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.




  1. Pidato Upacara Bendera: yang Islami
  2. Amanat Pembina Upacara: Syahadat
  3. Pidato Upacara Bendera: Menuntut Ilmu Adalah Ibadah
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar