22 Mei, 2018

Amanat Pembina Upacara : Menuntut Ilmu adalah Ibadah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul menuntut ilmu adalah ibadah.

Allah menciptakan manusia dan jin hanya untuk beribadah kepada-Nya. Ibadah adalah perbuatan karena Allah, baik berupa penyembahan kepadanya maupun perbuatan baik kepada sesama. Dari defenisi  di atas maka Ibadah dapat dibagi dua macam. Ibadah berupa penyembahan kepada Allah dan ibadah berupa perbuatan baik kepada sesama.

Ibadah berupa penyembahan kepada Allah disebut ibadah mahdhah. Misalnya, shalat, zakat, puasa, haji, umroh, bersuci dari hadats besar dan kecil dan lain-lain.  Ibadah berupa perbuatan baik kepada sesama disebut ibadah ghairu mahdhah. Misalnya i’tikaf, wakaf, qurban, sedekah, ‘aqiqah, dzikir, doa, menuntut ilmu dan lain-lain.

Agama Islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu. Barang siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu, maka ia berada pada jalan Allah hingga ia kembali pulang. Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  1. Pidato Upacara Bendera: Tentang Rajin Belajar
  2. Pidato Upacara Bendera: yang Islami
  3. Amanat Pembina Upacara: Syahadat
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar