21 November, 2017

Amanat Pembina Upacara : Sopan Santun

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Sopan Santun

Sopan santun adalah bersikap menghormati dan bertindak tenang dan halus. Orang yang memiliki sopan santun selalu bertindak sesuai dengan cara yang diterima oleh masyarakat, menunjukkan rasa hormat, peduli dan perhatian kepada orang lain. Contoh sopan santun misalnya: mengucap salam, menyapa teman atau orang lain yang lebih tua, tidak memotong bicara atau antrian, berbicara dengan suara yang pantas yaitu tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan. Tertib lalu lintas, mengucapkan terima kasih bila mendapat bantuan atau pertolongan. Mengucap maaf atau permisi bila meminta bantuan.

Lain lubuk lain ikan, lain padang lain belalang, lain daerah lain pula cara bersopan santun. Di beberapa daerah membelakangi orang tua dianggap sopan, tapi di daerah lain dianggap tidak sopan. Di suatu daerah, menatap mata ketika berbicara dianggap sopan, tapi di daerah lain, dianggap tidak sopan.

Sopan santun menyenangkan hati orang lain. Sehingga orang lain juga akan membalasnya dengan sikap yang sama. Berbicara dengan cara yang sopan, lebih mudah diterima oleh lawan bicara dibandingkan dengan cara yang tidak sopan. Keberhasilan akan lebih mudah diraih bila berbicara dan bertindak dengan sopan santun. Sebaliknya pertengkaran dan perselisihan akan selalu terjadi bila tidak menjaga sopan santun.

Sopan santun dimulai sejak kecil. Karena akan sulit jika dipelajari pada masa tua. Ibarat ranting pohon yang masih muda, yang masih bisa diluruskan. Tapi ranting yang tua akan patah bila dibengkokkan.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Upacara Bendera: Tentang Tata Krama
  2. Amanat Pembina Upacara: Tentang Etika
  3. Pidato Upacara Bendera: Terpuji
  4. Selanjutnya...

2 komentar:

  1. wah amanat pembina upacaranya bagus dan rapi,itu saja komentar sya wassalamualaikum wr,wb

    BalasHapus
  2. Bagus buat dijadikan rekomendasi ketika jd pembina upacara

    BalasHapus