22 September, 2017

Amanat Pembina Upacara : Akhlak Terpuji


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Akhlak Terpuji

Akhlak terpuji adalah ucapan atau perbuatan yang baik. Misalnya sopan dalam perkataan. Perkataan yang tidak sopan dapat menyakitkan hati pendengarnya. Ucapan yang sopan lebih baik dari pada memberi sesuatu tapi disertai dengan ucapan yang menyakitkan.

Akhlak terpuji berikutnya adalah suka menolong. Misalnya menolong ibu menyapu rumah, atau mencuci piring. Menolong teman yang sedang sakit dengan menjenguk dan mendo’akannya agar cepat sembuh, dan sebagainya.

Akhlak terpuji selanjutnya adalah amanah (dapat dipercaya). Orang yang amanah tidak suka berkhianat. Siswa yang mendapat amanat menjadi ketua kelas maka akan menjalankan tugas yang diembannya dengan baik. Ia tidak menyalahgunakannya. Siswa yang mendapat amanah sebagai pengurus OSIS akan menjalankan tugas organisasi dengan sebaik-baiknya. Ia tidak menyalahgunakannya.

Akhlak terpuji berikutnya adalah jujur. Siswa yang jujur akan disenangi oleh teman-temannya dibandingkan dengan siswa yang tidak jujur. Siswa yang tidak jujur adalah siswa yang suka berkhianat. Siswa yang berbohong akan menutupi kebohongannya dengan kebohongan-kebohongan berikutnya. Ia akan memiliki derajat yang rendah di mata teman-temannya.

Segala sesuatu yang banyak akan menjadi murah harganya. Kecuali akhlak terpuji. Semakin banyak akhlak terpuji seseorang, maka semakin tinggi harga dirinya.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



  1. Pidato Upacara Bendera: Sopan Santun
  2. Amanat Pembina Upacara: Tentang Etika
  3. Pidato Upacara Bendera: Tata Krama
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar