18 September, 2017

Amanat Pembina Upacara : Tata Tertib Sekolah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang saya sayangi para siswa-siswi

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Tata Tertib Sekolah Sekolah.

Tiap sekolah memiliki tata tertib sekolah. Setiap siswa wajib mematuhi tata tertib tersebut. Bila tidak mematuhinya, maka siswa yang bersangkutan akan mendapat sanksi. Bahkan dapat di skor atau dikembalikan kepada orang tuanya. Tata tertib sangat penting. Ia seperti rel kereta api yang mengantarkan penumpangnya ke tujuan.

Tata tertib sekolah bermanfaat untuk mengingatkan tugas siswa. Siswa dapat tamat sekolah bila sudah menyelesaikan tugas demi tugas yang diberikan oleh guru. Tugas-tugas tersebut  sangat penting untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa.

Tata tertib sekolah bermanfaat untuk mengefektifkan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Kegiatan belajar mengajar tidak efektif jika siswa tidak hadir tepat waktu. Ataupun jika siswa pulang ke rumah lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.

Tata tertib sekolah bermanfaat untuk melatih tanggung jawab siswa. Tanggung jawab untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas. Siap menerima akibat bila tidak melaksanakan tugas. Siap mendapat nilai rapor yang rendah bila tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Tata tertib sekolah bermanfaat untuk melatih disiplin siswa. Terutama disiplin waktu. Tiap kegiatan ada waktunya. Ada waktu belajar, ada waktu untuk bermain, ada waktu makan, sholat, istirahat, tidur dan sebagainya. Bila makan tidak tepat waktu maka akan sakit. Bila tidur tidak tepat waktu maka akan sakit juga. Oleh karena itu disiplin waktu sangat penting.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



  1. Pidato Upacara Bendera: Kebersihan Sekolah
  2. Amanat Pembina Upacara: Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri
  3. Pidato Upacara Bendera: Sekolah yang Menarik
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar