10 September, 2017

Amanat Pembina Upacara : Berani Bertanggung Jawab

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang saya sayangi para siswa-siswi
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Berani Bertanggung  Jawab

Setiap orang harus memiliki rasa tanggung jawab. Rasa tanggung jawab akan membuat orang berfikir tentang akibat dari perbuatan yang akan dilakukan. Begitupun jika perbuatan itu terlanjur dilakukan, maka tidak boleh  berlepas tangan. Jika lepas tangan, berarti  tidak bertanggung jawab. Tentu kita semua tidak mau dibilang tidak bertanggung  jawab bukan? Oleh karena itu mari berlatih bertanggung jawab.

Pertama bertanggung jawab terhadap kebersihan diri dan lingkungan, seperti  mandi yang bersih, menyikat gigi, merapikan tampat tidur atau kamar setelah bangun tidur. Apabila badan dan lingkungannya  tidak bersih maka akan terkena penyakit berbahaya.

Kedua  bertanggung jawab mengerjakan tugas pribadi seperti PR atau tugas dari sekolah, mengaji, shalat, mengulang  pelajaran di rumah dan sebagainya. Apabila tidak rajin belajar maka siap menerima nilai rapor yang rendah.

Ketiga bertanggung jawab menjaga diri  dan barang-barang  pribadi. agar selalu menjaga keamanan dan berada di lingkungan yang aman.  Apabila tidak maka bersiaplah menghadapi hal-hal yang membahayakan.

Keempat bertanggung jawab menjalankan peraturan di rumah dan di sekolah.  Peraturan di rumah misalnya menjaga kebersihan rumah, seperti  menyapu, mengepel, dan sebagainya. Peraturan di sekolah misalnyamelaksanakan tugas piket kelas,  datang dan pulang dari sekolah tepat waktu. Apabila tidak dilaksanakan maka siap menerima konsekuensinya.

Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang dapat diandalkan. Ia akan mendapat kepercayaan dan penghargaan serta penghormatan dari orang lain. Sehingga dapat mempermudah jalan menuju keberhasilan.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Upacara Bendera: Akhlak Terpuji
  2. Amanat Pembina Upacara: Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri
  3. Pidato Upacara Bendera: Tentang Kejujuran
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar