19 September, 2017

Amanat Pembina Upacara : Generasi Muda Penerus Bangsa


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang saya sayangi para siswa-siswi

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Generasi Muda Penerus Bangsa.

Generasi muda memiliki peranan penting dalam kemajuan negara. Kondisi suatu negara bergantung pada generasi mudanya. Pemerintahan penjajah Belanda digoyahkan oleh pemuda dengan pergerakan organisasi Budi Utomo, peristiwa Sumpah Pemuda dan lain-lain. Pemerintahan penjajah Jepang ditumbangkan oleh pemuda dengan peristiwa Rengasdengklok. Pemerintahan orde lama ditumbangkan dengan demonstrasi pemuda dan mahasiswa. Demikian juga dengan pemerintahan orde baru.


Pada masa penjajahan Belanda, para pemuda membentuk organisasi Budi Utomo. Organisasi tersebut berdiri tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini telah membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia. Oleh karena itulah hingga sekarang setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari kebangkitan nasional. Lalu pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda berkumpul di Jakarta untuk mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Yaitu bertumpah darah satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia. Hingga sekarang setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda.

Pada masa penjajahan Jepang, golongan muda menculik Soekarno – Hatta ke Rengasdengklok. Peristiwa tersebut terjadi tanggal 16 Agustus 1945. Golongan muda memaksa Soekarno – Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Republik  Indonesisa. Usaha golongan muda membuahkan hasil. Tanggal 1 Agustus 1945 Soekarno – Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI. Hingga saat ini tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan RI.

Pada masa kemerdekaan, pemerintahan orde lama dan orde baru berhasil ditumbangkan oleh demonstrasi para pemuda dan mahasiswa. Alangkah besarnya peranan generasi muda. Oleh karena itu, kemajuan bangsa pada masa sekarang dan masa yang akan datang bergantung kepada pendidikan generasi mudanya. Yaitu pendidikan yang menyeluruh, mencakup ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Upacara Bendera: Generasi Muda Berkarakter
  2. Amanat Pembina Upacara: Akhlak Terpuji
  3. Pidato Upacara Bendera: Tentang Kejujuran
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar